Konsep Smart Hotel Room Sebagai Alternatif Dalam Meningkatkan Sensasi Kenyamanan Pengunjung di Hotel


Industri pariwisata terkhususnya sektor akomodasi perhotelan diprediksi kembali akan menguat pada tren bisnis tahun 2022 mendatang. Meskipun, sebelumnya industri ini sempat mengalami pertumbuhan minus sebesar -22 % (Laporan BPS 2020) sebagai buntut kebijakan PSBB yang diterapkan di berbagai daerah demi menekan laju penyebaran Covid 19 di Indonesia. Namun, seiring dengan penurunan jumlah kasus Covid 19 disertai dengan transisi pelonggaran PSBB menuju new normal dan proses vaksinasi yang terus berjalan di Indonesia menimbulkan secercah harapan bagi kebangkitan pada sektor pariwisata di Indonesia pada tahun mendatang.

Hal ini juga semakin didukung dengan adanya isu yang mencuak tentang potensi revenge travel atau perjalanan wisata balas dendam dimana akan ada banyak orang berduyun-duyun berwisata ke luar daerah untuk melepaskan kejenuhan dan kepenatan setelah sebelumnya kebebasannya dibatasi berbulan-bulan agar tetap di rumah. Tren inilah diprediksi akan mengembalikan denyut industri pariwisata domestik termasuk akan meningkatan okupansi sektor akomodasi perhotelan, lebih jauh lagi akan menjangkau pada wisatawan tingkat internasional, terutama di wilayah Asia 

Melihat potensi tren bisnis sektor akomodasi perhotelan yang begitu menjanjikan pada tahun mendatang. Maka sudah sewajarnya pihak pengelola akomodasi perhotelan akan saling  berlomba-lomba untuk merancang berbagai strategi bisnis yang ampuh guna menyambut lonjakan okupansi wisatawan lokal dan mancanegara sekaligus untuk dapat memenangkan persaingan bisnis antar sektor dunia perhotelan. Di sisi lain, pandemi juga telah mempercepat akselerasi digital yang serba mengandalkan  Internet of Things (IoT), Industrial Internet of Things (IioT), Big Data, Sistem fisik siber (CPS), artificial intelligence (AI), Cloud System pada hampir semua sektor termasuk sektor akomodasi. Dengan demikian, pendekatan tren digitalisasi  dapat dijadikan salah satu opsi strategi bisnis yang tepat agar menjadikan sistem pengelolaannya menjadi lebih efisien dan sesuai dengan paradigma  perkembangan zaman sehingga dapat meningkatkan pengalaman konsumen itu sendiri.

Salah satu strategi inovasi baru yang dapat diusung di dunia perhotelan yaitu konsep Smart Hotel Room. Beberapa perusahaan hotel ternama di dunia seperti Hilton dan Marriot telah jauh hari menerapkan konsep tersebut pada bisnis mereka untuk meningkatkan aspek kenyaman bagi konsumen. Konsep Smart Hotel Room adalah suatu konsep kamar hotel yang dilengkapi dengan fasilitas penunjang berupa perangkat elektronik pintar dengan dukungan Internet Of Things (IoT) sehingga memungkinkan perangkat tersebut untuk menemukan informasi dari internet, serta berinteraksi dengan perangkat lain di sekitar. Sebagai contoh, beberapa perangkat dapat dikontrol melalui speaker pintar, atau kinerja perangkat dapat dipantau dari jarak jauh melalui satu perangkat ( smart hub ).

Kehadiran Smart Hotel Room diharapkan akan semakin memudahkan para pengunjung untuk mendapatkan kondisi kamar sesuai dengan keinginan mereka layaknya seperti di rumah sendiri.  Saat pengunjung melakukan check in di hotel, para staff hotel memiliki kemampuan untuk dapat mengakses berbagai kontrol kamar seperti kondisi suhu kamar dari lokasi sangat jauh. Hal ini sangat berguna untuk dapat meningkatkan kenyamanan pengunjung saat check in dan memastikan kamar tersebut berada pada kondisi suhu ideal ketika mereka tiba tanpa harus staff hotel datang ke kamar tersebut. 

Disisi lain, para pengunjung juga dapat dengan bebas menyesuaikan kondisi di dalam ruangan secara mandiri seperti memilih suhu dan tingkat pencahayaan yang diinginkan melalui perangkat Smart Hub yang disematkan pada setiap kamar. Berkat dukungan teknologi IoT beberapa perangkat yang berkaitan seperti pemanas, AC, lampu, dan perangkat sejenisnya langsung dapat merespons secara otomatis dan menyesuaikan dengan kondisi yang diinginkan. Bahkan, di beberapa hotel juga dilengkapi dengan speaker pintar sehingga memungkinkan berbagai perangkat elektronik lainnya dapat dikontrol hanya melalui perintah suara. Hal ini sangat jelas bahwa konsep Smart Hotel Room telah selangkah lebih maju dalam peningkatan pengalaman dan kenyaman pengunjung selama menginap di hotel.


Selain itu, Smart Hotel Room juga dapat membantu para tamu untuk memperoleh informasi seputar layanan kamar yang disediakan. Berbeda pada kebanyakan hotel konvensional yang segala informasinya cenderung terpusat pada meja resepsionis atau harus melalui telepon, Dengan Smart Hub dengan sendirinya akan dapat memahami pertanyaan para tamu dan memberikan respons informasi secara instan dengan dukungan Internet Of Things (IoT)  untuk mencari jawaban.

Kemudian, berkat dukungan konsep Smart Hotel Room yang dapat dioperasikan dari jarak jauh, para staff hotel dapat dengan mudah memantau informasi berkaitan dengan status kondisi kamar hotel secara real time sehingga  potensi bahaya dan masalah kinerja dapat dengan cepat ditemukan sebelum menjadi kritis, lalu perbaikan dapat dilakukan, atau perangkat pengganti dapat dipasang. Hal ini tentunya akan meningkatkan keamanan bagi tamu serta meminimalisir potensi kerugian yang akan dialami oleh sebuah perusahaan hotel.

Terakhir, selain dapat meningkatkan aspek kenyamanan dan pengalaman konsumen, ternyata konsep ini juga menguntungkan pihak pengelola hotel itu sendiri karena menerapkan aspek sustainability yang efisien dalam hal penggunaan energi yaitu dengan hanya menggunakan perangkat teknologi saat benar-benar dibutuhkan saja, contohnya daya bola lampu akan berkurang selama siang hari atau pemanas ruangan akan berhenti ketika telah mencapai suhu tertentu. Pada akhirnya hal ini akan menyebabkan semakin kecil energi yang digunakan otomatis akan semakin mengurangi biaya pengelolaan hotel itu sehingga para pelaku bisnis dapat memperoleh laba yang optimal. 

Konsep Smart Hotel Room sangatlah cocok dijadikan alternatif pilihan strategi bagi sebuah perusahaan akomodasi hotel karena dapat memberikan keuntungan baik bagi pengunjung maupun pihak pengelola hotel itu sendiri. Apalagi saat ini di Indonesia masih jarang ditemukan hotel dengan dukungan konsep Smart Hotel Room. Oleh sebab itu, dengan segala kemajuan teknologi terkini yang ditawarkan oleh konsep Smart Hotel Room juga dapat menjadi nilai tambah untuk menarik perhatian konsumen dan membentuk branding perusahaan hotel menjadi lebih bernilai bagi konsumen dalam persaingan bisnis dunia perhotelan.


Komentar